Selasa, 21 April 2009

BSoD of Debug


Terkadang kita sering kesal ketika kita sedang mengerjakan tugas, tiba-tiba komputer kita memunculkan layar biru apalagi kita belum sempat menyimpan data kita. Hal ini disebut BSod of Death, ini terjadi karena windows berusaha menghentikan segala aktifitasnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.


BSod terjadi karena berbagai masalah, baik dari program, hardware, serta kerusakan fisik seperti memori, power supply yang tidak stabil, komponen terlalu panas, atau hardware berjalan melebihi batas (overcloked). Sebenarnya dengan kemunculan BSoD ini, kita sangat terbantu karena BSod ini akan menunjukkan sebab yang membuat komputer kita error namun bagi para pemula hal ini sangat aneh, membingungkan dan menakutkan karena muncul perintah-perintah yang berkesan tidak nyambung dalam menjelaskan letak sektor permasalahan pada komputer kita. Berikut ini pesan error pada BSod:
Memory Dump Message :
Proses yang sedang diolah oleh memory pindah ke harddisk dan disimpan ke dalam sebuah file agar dapat digunakan untuk debugging.

Berikut ini beberapa contoh pesan error:
IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0 X 0 0 0 0 0 0 0 A):
Pesan ini menunjukkan bahwa ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM(0X00000024) atau (0 X 0 0 0 0 0 0 2 3):
Pesan ini menunjukkan bahwa ada kesalahan pada partisi atau file systemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita dapat melakukan pengecekan melalui kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool checkdisk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0 x 0 0 0 0 0 0 7 F):
Apabila pesan ini muncul maka hal ini dapat disebabkan oleh:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen-Komponen Komputer yang kepanasan
- Memory atau CPU yang cacat
- BIOS yang corrupt

DATA_BUS_ERROR:
pesan ini menunjukkan adanya kemungkinan bahwa RAM atau Slot memory di motherboard rusak

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA:
pesan ini menunjukkan bahwa adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory di video card atau memory di processor (L2 cache)

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE:
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah atau kesalahan driver chipset.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE:
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

BAD_POOL_CALLER:
kesalahan ini terjadi karena driver yang tidak compatible. Hal ini sering terjadi pada instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

PEN_LIST_CORRUPT:
Pesan ini menunjukkan bahwa adanya kesalahan pada RAM.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION:
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau ada yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

3 komentar:

Yellow Puppies Blogger Template | Template Design | Elque 2008